Power Supply

on Senin, 13 Desember 2010

Dalam rangkaian elektronika pada umumnya power supply banyak digunakan sebagai rangkaian catu daya yang dipergunakan untuk mensuply semua kebutuhan arus dan tegangan yang diperlukan oleh sebuah rangkaian. Power Supply pada dasarnya adalah suatu rangkaian yang mengubah nilai tegangan dan/atau arus ke dalam nilai yang lain (biasanya merubah dari tegangan AC ke tegangan DC). Hampir semua peralatan elektronik memerlukan rangkaian power supply ini.

Ada beberapa rangkaian power supply yg biasa digunakan sebagai penyearah yang menggunakan komponen dioda sebagai perata gelombangnya, seperti penyearah setengah gelombang, penyearah gelombang penuh, dan penyearah jembatran (bridge). Berikut adalah gambar dasar dari sebuah rangkaian power supply dimana belum terdapat rangkaian penyearahnya. Tegangan yang keluar dari sekunder travo masih berupa tegangan AC, yang kemudian akan dirubah menjadi tegangan DC.





Gambar.1 dasar rangkaian power supply
Berikut ini adalah tipe-tipe rangkaian penyearah pada power supply:
1. Rangkaian penyearah setengah gelombang (Half Wave Rectifier)
Pada penyearah ini tegangan DC yang dihasilkan masih belum rata hal ini terjadi dikarenakan dioda hanya mampu melewatkan bias positif saja.









Gambar.2 Rangkaian penyearah setengah gelombang

2. Penyearah gelombang penuh (Full Wave Rectifier)
Pada penyearah ini membutuhkan 2 dioda dan transformator dengan center tap (CT). Jadi penyearah gelombang penuh hanya bisa digunakan pada transformator dengan CT saja. Dan tegangan DC yang dihasilkan akan lebih rata dibandingkan dengan penyearah setengah gelombang, hal ini terjadi karena jika salah satu dioda terkena bias negative maka dioda lain akan berbias positif. Jadi tegangan akan selalu ada menuju ke beban.







Gambar.3 Rangkaian penyearah gelombang penuh

3. Penyearah Jembatan (bridge)
Pada dasarnya gelombang keluaran dari penyearah bridge ini tidak berbeda dari penyearah penuh, akan tetapi pada penyearah bridge ini tidak khusus terbatas pada transformator CT saja, transformator biasa pun akan bisa disearahkan penuh menggunakan rangkaian penyearah jembatan ini.
Agar keluaran dari power supply menjadi hampir mendekati DC maka ditambahkan suatu Kapasitor ke dalam power supply tersebut, caranya adalah output power supply disambungkan secara paralel ke dalan kapasitor atau disebut Smoothing.









Gambar.4 Rangkaian penyearah jembatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar